Rekomendasi untuk Para Pemula Ghibli

0
15
film animasi

Siapa yang tidak kenal Studio Ghibli? Ini salah satu studio film animasi Jepang yang paling terkenal.

Selama beberapa dekade terakhir, studio yang didirikan oleh Hayao Miyazaki, Isao Takahata dan Toshio Suzuki ini telah memukau para penonton dengan berbagai produk animasinya.

Ghibli dikenal karena kualitas visual yang begitu indah serta ide cerita yang sangat brilian. Kebanyakan animasinya dipuji oleh para kritikus sekaligus juga sangat populer. Pengaruhnya cukup besar bagi banyak studio animasi lain di dunia.

Namun jangan khawatir, kalau Anda sama sekali belum pernah menonton satu pun animasinya. Tak perlu merasa kudet, meski Anda dijamin tidak rugi menyempatkan waktu menyaksikannya.

Bagi para pemula Ghibli, berikut empat produk animasi mereka yang sangat direkomendasikan untuk ditonton:

animasi ghilbi

My Neighbour Totoro
Salah satu yang paling ikonik dari Ghibli adalah My Neighbour Totoro (1988). Film fantasi ini digarap oleh Hayao Miyazaki.

Bercerita tentang dua gadis kecil di pinggiran kota yang bertemu dengan kucing raksasa dan imut bernama Totoro. Totoro adalah roh hutan yang ramah di wilayah pedesaan Jepang.

Film ini sangat cocok bagi pengenalan memasuki dunia imajinasi ala Ghibli.

Grave of the Fireflies
Diproduksi di tahun yang sama dengan My Neighbour Totoro, Grave of the Fire Flies adalah karya dari Isao Takahara.

Film ini bercerita tentang kakak beradik, Seita dan Setsuko yang merupakan korban Perang Dunia II. Mereka bertahan hidup setelah rumah mereka hancur dan orang tua mereka meninggal karena perang.

Animasi ini sangat menyentuh dan cukup menguras air mata.

Princess Mononoke
Menjadi salah satu film Jepang terlaris pada 1997, Princess Mononoke berkisah tentang perjalanan Ashitaka, pangeran dari Desa Emishi untuk menemukan obat bagi dewa rusa yang terluka.

Baca juga:  Keunikan Bahasa Jawa dalam Tingkatan Tutur

Dalam perjalanannya Ashitaka terlibat dalam pertempuran antara roh-roh hutan dan manusia yang banyak mengambil hasil hutan.

Karya Miyazaki ini merupakan salah satu film yang meluaskan popularitas Studio Ghibli hingga dikenal di luar Jepang.

Spirited Away
Rekomendasi terakhir ini mungkin adalah salah satu film terbaik yang dibuat Ghibli, yakni Spirited Away (2001), yang juga karya Miyazaki.

Film ini bercerita tentang Chihiro yang memasuki dunia alam roh khas tradisi Shinto dan Buddhisme Jepang. Chihiro mencoba menemukan jalan untuk membebaskan dirinya dan orang tuanya kembali ke dunia manusia.

Sampai sekarang, Spirited Away menyandang predikat sebagai film paling sukses sepanjang sejarah perfilman Jepang.

Film ini amat disukai karena alur cerita yang membuat penonton begitu larut ke dalamnya. Pengalaman yang “begitu Ghibli”.

Jadi, jika Anda adalah pemula di dunia Ghibli, keempat rekomendasi tadi mungkin bisa menjadi alternatif tontonan. Juga menjadi teman yang baik saat pandemi seperti sekarang.

Tunggu apa lagi? Mari siapkan makanan ringan dan minuman untuk menonton. Dan selamat datang di dunia Ghibli. **RFL

Foto: Studioghiblimovies.com