Sudah sekitar enam pekan kita harus stay di rumah. Bagaimana kondisi rambut? Sudah seberapa panjang? Atau sudah potong rambut?

Rambut manusia umumnya tumbuh sekitar 2-4 milimeter per hari. Jadi wajar saja jika sebagian dari dari kita sudah mulai merasa sekarang waktunya memotong rambut.

Bagi pria maupun perempuan yang biasa berambut pendek, mungkin sudah merasa agak risih. Sayangnya, belum begitu memungkinkan untuk potong rambut seperti biasa.

Beberapa salon dan barbershop memang sudah ada yang buka. Tentu dengan sejumlah pembatasan. Tapi, tidak semua orang bersedia.

Interaksi fisik yang cukup dekat antara pemotong rambut dan kliennya, memang punya risiko untuk penularan Covid-19. Ini yang membuat di sejumlah negara salon dan barbershop turut dimasukkan dalam kegiatan yang dibatasi.

Kalaupun harus memilih opsi memotong rambut di salon, ada baiknya kita menaati semua protokol kesehatan yang ada. Semisal memakai masker dan faceshield, serta membatasi kontak fisik, juga segera membersihkan diri.

Atau dapat pula memilih alternatif yang lebih aman dengan memanggil jasa potong rambut di rumah.

Bagaimana kalau memotong rambut sendiri? Sebenarnya itu juga bukan hal yang mustahil.

Kita bisa melihat video tutorial. Ada banyak rekomendasi untuk pangkas rambut, terutama cara potong rambut sendiri pria. Atau cara potong rambut dengan gunting dan potong rambut dengan clipper.

Untuk kaum perempuan, terutama yang punya rambut panjang melebihi bahu, juga sudah ada sejumlah tips dan praktik. Apalagi bila sekedar memotong ujung-ujung rambut.

Kalau memilih opsi memotong rambut sendiri, perlu mempertimbangkan alat dan metode yang digunakan.

Disarankan memakai gunting yang cukup tajam. Jika memiliki clipper perlu lebih hati-hati dalam memperkirakan jarak, kecuali mau sekalian diplontos.

Baca juga:  Mengingat Kembali Krisis Finansial Asia 1997

Penggunaan sisir dan alat kuncir (untuk poni atau belakang rambut) memang cukup membantu, demikian pula dua cermin.

Sebagian ahli potong rambut menyarankan agar rambut dipotong dalam kondisi basah, lebih baik lagi jika memakai pelembab.

Rambut yang bersih dan basah akan lebih mudah dipotong serta lebih rapi. Namun, perlu memotong lebih sedikit. Sebab, rambut manusia umumnya mengembang setengah hingga beberapa sentimeter saat sedang basah. Yang akan menyusut saat kering.

Ada pula yang lebih menyukai memotong rambut saat kering. Karena bisa langsung mengevaluasi tampilannya.

Namun, ini berisiko menghasilkan potongan yang kurang rata, apalagi jika alat pemotong kurang tajam.

Yang jelas mau kering atau basah, tetapkan dulu model yang sesuai, lalu konsisten dengan itu. Apakah memotong rambut model layer, memotong model segi pendek atau sekedar meratakan.

Sebagai alternatif terakhir, kenapa tidak berdamai sementara dengan model rambut yang lebih panjang.

Asalkan rutin dibersihkan serta diberi nutrisi yang cukup, rambut lebih panjang justru bisa menjadi gaya baru untuk citra diri kita? **RS

Foto: Kompas.com

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.