Di India Ada Monyet Mencuri Sampel Covid-19

0
11
monyet mencuri

Sekawanan monyet dikabarkan menyerang seorang staf laboratorium yang tengah membawa container berisi sampel darah penderita Covid-19.

Kejadian ini berlangsung di rumah sakit kampus Lala Lajpat Rai Memorial Medical College. Kampus ini merupakan kampus binaan pemerintah India yang terletak di Meerut, negara bagian Uttar Pradesh.

Peristiwa untuk itu telah berlangsung beberapa hari lalu, sebelum kemudian video yang memperlihatkan monyet mengunyah tabung sampel itu viral pada Jumat (29/5).

Otoritas rumah sakit kampus mengakui adanya insiden ini. Mereka pun memastikan sampel yang dibawa oleh monyet tersebut bukanlah hasil tes swab, namun sampel darah pasien yang biasa diambil secara reguler untuk memantau perkembangan perawatan.

“Ini bukan hasil tes swab. Kalau hasil tes itu, kami akan selalu memindahkannya dengan kotak tertutup berpendingin. Bukan sekedar container,” ungkap Dr. S.K Garg kepala rumah sakit dikutip oleh media India NDTV.

Dr. Garg juga memaparkan sejauh ini tidak ada indikasi bahwa virus SARS-Cov-2 bisa menyebar dari manusia ke hewan, apalagi lewat sampel darah. Penularan antar manusia juga lebih banyak karena cairan hidung atau mulut.

Meski demikian, pihak rumah sakit dan pemerintah setempat telah memeriksa staf atas insiden tersebut dan mengapa ia memilih memvideokan kejadian terlebih dahulu ketimbang memberi laporan.

Peristiwa ini sempat menghebohkan India. Umumnya masyarakat menyayangkan kelalaian petugas dan khawatir penularan pada monyet bisa menimbulkan mutasi genetis baru.

Kawanan monyet memang dikenal cukup banyak berkerumun di penjuru kota India. Apalagi semenjak kebijakan lockdown diberlakukan ketat di tiap negara bagiannya.

India memang tengah menghadapi tantangan besar terkait pandemi Covid-19. Sampai hari ini negara tersebut mencatat lebih dari 173.000 kasus positif dengan total kematian mencapai hampir 5.000 kasus.

Baca juga:  Seperti Apa Ngantor di Situasi New-Normal?

Di negara bagian Uttar Pradesh sendiri terdapat 7.170 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi. Ini ada di peringkat ketujuh negara bagian India dengan kasus terbanyak.

Kebijakan lockdown yang diberlakukan juga belum berhasil meredam laju kasus. Jumlah kasus baru masih sangat fluktuatif dan ada dalam trend naik. **RS

Foto: Ndtv.com