Press "Enter" to skip to content

Kurva Kasus Covid-19 Bisa Turun di Bulan Mei

Dalam rapat kabinet terbatas, Rabu (6/5) Presiden Joko Widodo menargetkan kurva kasus baru Covid-19 mulai menurun pada Mei.

Lewat instruksinya presiden meminta semua pihak yang terkait bahu-membahu mendukung target ini.

“Target kita di Bulan Mei ini harus betul-betul tercapai, kurvanya sudah harus turun. Masuk posisi sedang di Juni. Di Juli harus masuk posisi ringan. Dengan cara apa pun,” ujar Jokowi sebagaimana dikutip Kompas.com.

Ia berharap masyarakat juga mematuhi disiplin dan protokol pencegahan yang telah ditetapkan.

“Saya yakin jika kita bersatu, jika kita disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang sudah kita siapkan yang lalu bisa mengatasi covid secepat-cepatnya,” lanjut presiden.

Target itu mungkin terdengar cukup berani. Meski demikian, bukan hal yang mustahil untuk dicapai.

Sejauh ini ada beberapa model ilmiah yang memprediksi bagaimana pandemi Covid-19 di Indonesia akan berakhir.

Dalam model yang digagas pakar statistika FMIPA UGM misalnya, diperkirakan puncak pandemi ada pada pertengahan April.

Dengan model ini diperkirakan pada pertengahan Mei penambahan kasus baru sudah relatif kecil.

loading…


Guru besar statistika UGM, Prof. Dedi Rosadi yang terlibat dalam penelitian ini menjelaskan setelah diuji, prediksi model ini ternyata cukup akurat, dengan error yang dihasilkan selalu di bawah 1%. Meski demikian, Dedi mengingatkan model ini bisa terus tepat jika disiplin pembatasan diterapkan dengan baik.

Momen mudik atau kerumunan yang mungkin terjadi selama ibadah Ramadhan atau Idul Fitri perlu dijaga dengan baik agar tidak menyebabkan gelombang pandemi lagi saat kurva sudah mulai melandai.

Hal senada juga diungkap guru besar FKM UI, Prof. Ascobat Gani. Ia mengatakan akhir wabah Corona di Indonesia sangat bergantung pada tingkat kepatuhan dan perilaku masyarakat.

Baca juga:  Hari ini Lab Tes Covid-19 Bertambah Hampir Dua Kali Lipat

Gani memprediksi pandemi dapat mulai mereda pada Mei atau awal Juni jika didukung perilaku masyarakat yang baik. Menilik sejumlah model ilmiah yang ada, target pemerintah memang masih sangat masuk akal untuk dicapai.

Seruan tegas presiden ini tentu harus diterjemahkan dalam kebijakan yang efektif. Selain itu perlu dipatuhi oleh semua warga masyarakat. **RS

Ilustrasi: jokowi

loading…