Hubungan kekasih jarak jauh, atau long distance relationship (LDR), pada dasarnya sudah punya kesulitan sendiri. Rindu yang tak kesampaian, kurangnya interaksi serta kesalahpahaman komunikasi sering jadi pemicu renggangnya hubungan.

Saat kini sebagian besar orang harus di rumah saja, bagaimana dengan kamu yang LDR?

Bagi sebagian orang yang menjalani LDR, tinggal di rumah saja mungkin kabar yang baik. Kamu mengidamkan waktu yang lebih banyak untuk berkomunikasi.

Tapi, dalam kenyataannya ini tidak selalu kesampaian. Bisa jadi kerja atau tugas yang perlu dikerjakan malah makin menumpuk dan menambah kesibukan.

Tak jarang pula, stres karena kebosanan di rumah justru dilampiaskan saat berkomunikasi dengan pasangan. Walhasil banyak komunikasi, justru malah banyak konflik.

Meski begitu, jangan langsung panik dan mengira hubungan bakal lebih mudah kandas. Ada sejumlah tips yang bisa kamu terapkan saat menjalani LDR di tengah stay at home seperti sekarang.

Pertama, berbagilah soal kesibukan dan rutinitas masing-masing. Ini penting agar kita bisa mengelola ekspektasi soal waktu yang dihabiskan untuk komunikasi.

Jangan sampai habis waktu untuk ngobrol, kerja dan tugas terbengkalai. Jangan sampai pula tibatiba hilang tak berkabar. Jika kesibukan saat ini lebih banyak, harus sabar mengurangi waktu komunikasi. Jika lebih luang, boleh bersepakat menambah waktu.

Jangan lupa alokasikan waktu untuk hal personal masing-masing, semisal me-time, berkomunikasi keluarga atau teman juga mengerjakan hal demi menyemangati diri sendiri.

Jangan menggantungkan semua ekspektasi dan sumber semangat dari pasangan semata. Ingat dia juga punya persoalan tersendiri disana.

Kedua, variasikan komunikasi dengan banyak cara. Kamu bisa sama-sama belajar suatu bahasa, misalnya, lalu mempraktikkannya saat kalian berinteraksi dalam obrolan. Atau memakai momen video-call untuk berbagi cara masak atau melakukan olah raga bersama.

Baca juga:  Hobi dan Waktu Luang. Bagaimana Memanfaatkannya?

Atau, kalau sebelumnya kamu suka double/tripple-date, kencan bareng teman yang lain, kenapa tidak mencobanya dengan aplikasi conference? Kalian bisa bikin dekor dengan suasana cafe, misalnya. Tips dekor ini juga bisa dipraktikkan hanya untuk berdua.

Variasi komunikasi seperti ini akan mencegah kebosanan. Bahkan bisa mengasah wawasan dan skill baru.

Ketiga, cobalah mendaftarkan ide, mulai dari paling lucu sampai yang paling romantis, soal apa yang akan kalian lakukan saat nanti sudah bisa ketemu.

Ini akan memberi semangat dan terus menumbuhkan harapan, menunggu nanti sudah tidak LDR lagi. **RS

Foto: Unsplash

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.