Harga Gula Naik, Mendag Operasi Pasar

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, memastikan jajarannya menggelar operasi pasar terkait sejumlah keluhan akan tingginya harga gula pasir.

Hari Sabtu ini (16/5) misalnya, Mendag langsung memimpin operasi pasar pendistribusian gula kepada pedagang di Pasar Anyar, Kota Tangerang Banten.

Dalam operasi di pasar yang ada di wilayah Sukaasih ini, Kemendag bersama Pemkot memastikan tersedianya stok 24 ton gula per harinya.

Di sejumlah sentra pasar wilayah Tangerang dalam minggu ini, harga gula sempat dilaporkan mencapai Rp 20.000 per kilogram, jauh diatas harga eceran tertinggi (HET) Rp 12.500 per kilogram.

Kenaikan itu menurut menteri, lebih karena permasalahan pada distribusi. Ia memastikan stok gula masih sangat cukup terutama menjelang Idul Fitri.

“Kita segera menambah supply agar konsumen tidak dibebani harga tinggi. Kami turun ke lapangan untuk melihat hal yang sesungguhnya dan mengidentifikasi karena memang distribusi ini dengan situasi Covid agak melambat,” ungkap Agus sebagaimana dikutip CNBC Indonesia.

Ia menambahkan akan menggelar operasi pengiriman ke pasar lain di sejumlah daerah yang terkendala distribusi, termasuk di DKI Jakarta dan beberapa provinsi yang sudah menunjukkan gejala kenaikan melampaui HET.

loading…


Melihat contoh kasus di Tangerang. Operasi yang dilakukan Kemendag dan pemerintah daerah seperti ini memang mampu menurunkan harga gula hingga tidak melebihi HET.

Bahkan di Pasar Anyar, kebijakan itu juga ditambah pembatasan hanya boleh membeli 2 kilogram per orang. Ini demi memastikan tidak adanya penimbunan yang melampaui kebutuhan.

Apa yang dilakukan jajaran kementerian perdagangan ini merupakan respon langsung atas imbauan presiden.

Rabu lalu (13/5), Presiden Jokowi sempat menyorot melambungnya harga bahan pokok seperti gula, yang melampaui HET.

“Saya ingin dilihat masalahnya di mana, apakah masalah distribusi atau stoknya kurang, atau ada yang sengaja permainkan harga untuk sebuah keuntungan yang besar,” kata Jokowi saat itu.

Baca juga:  Uniknya Ucapan Idul Fitri di Indonesia

Meningkatnya kebutuhan jelang hari raya, serta melambatnya distribusi karena pandemi memang merupakan persoalan sampingan terkait persediaan barang pokok.

Meski demikian, pemerintah perlu memberi perhatian serius agar tidak menimbulkan persepsi yang salah serta kekhawatiran di masyarakat. **RS

Ilustrasi: agussuparmanto_

loading…


About FOKAL

[Hoax] Jangan bilang siapa-siapa.