N, pria berusia 75 tahun, yang merupakan pasien Covid-19 pertama di Kabupaten Serang, berhasil sembuh. Kabar kesembuhan disampaikan pada Jumat (1/5).

Pasien ini, menjalani perawatan di RSUD Banten sejak 29 Maret 2020. N, terkonfirmasi positif lewat uji PCR, seminggu setelah ia dirawat.

Pasien yang berasal dari Kecamatan Kabin ini diketahui terpapar Covid-19 karena mengikuti kegiatan di Jakarta.

Dalam keterangan tertulisnya, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, menyampaikan kabar kesembuhan ini disertai pesan agar masyarakat semangat untuk terus memerangi wabah Covid-19.

“Alhamdulillah, yang bersangkutan sudah pulang ke rumahnya dengan dinyatakan sembuh. Saat ini, tetap diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Meski yang bersangkutan berusia lanjut, virus ini bisa disembuhkan dengan semangat dan sikap optimis,” kata Tatu.

Lebih lanjut, Tatu juga memberi informasi bahwa istri pasien, yang juga positif terinfeksi Covid-19, masih menjalani perawatan. Sang istri kini menjadi satu-satunya pasien positif di Kabupaten Serang.

“Kita doakan bersama, semoga istrinya juga sembuh. Kami optimis, istrinya ini memang positif Covid-19, tetapi tanpa gejala yang berarti,” lanjut Tatu.

Kelompok usia di atas 70 tahun memang terbilang rentan bila terserang Covid-19. Dalam data dunia, lebih dari 30% pasien di kelompok usia ini yang harus menjalani perawatan intensif bila terinfeksi Covid-19. Angka kematiannya juga lebih tinggi dibandingkan kelompok usia di bawahnya.

Saat ini di Indonesia tercatat sebanyak 113 pasien yang berusia di atas 70 tahun, atau sekitar satu persen dari keseluruhan kasus positif Covid-19. Sejauh ini, kasus pasien tertua yang pernah tercatat berusia 84 tahun. Hampir semua pasien dari pasien di rentang usia ini harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Baca juga:  FSI MMXX: Segera Bangkit Industri Kuliner Indonesia

Meski demikian, usia bukanlah faktor satu-satunya. Kita menyaksikan sejumlah kasus kesembuhan Covid-19 diantara para lansia di dunia. Bahkan pada mereka yang telah berusia 100 tahun lebih.

Perawatan yang baik, serta kemauan yang kuat untuk sembuh menjadi faktor pendorong terbentuknya imunitas sehingga dapat mengatasi penyakit ini. **RS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Dok Pemkab Serang

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.