Permainan lewat gadget, PC, maupun perangkat game, sering menjadi pilihan utama mengisi waktu anak. Apalagi, ketika orang tua perlu bekerja dari rumah.

Sudah begitu banyak varian game untuk anak. Mulai dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks yang bergenre brain game atau petualangan.

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan orang tua saat membantu menentukan game bagi anak. Yang pertama kali perlu diingat adalah durasi peralihan game sebisa mungkin tidak terlalu lama, sehingga memungkinkan untuk dijeda maksimal dalam selang perjam. Ini berlaku terutama untuk permainan lewat smartphone atau tab.

Anak-anak, terutama sebelum menginjak usia remaja penting untuk membiasakan diri agar tidak terlalu lama menatap layar.

Batas normal untuk usia 5-10 per hari adalah sekitar 2-4 jam dengan syarat harus ada jeda minimal tiap jam. Sementara untuk usia di bawah tiga tahun sebaiknya tidak lebih dari satu jam perhari.

Selain itu, jenis permainan juga perlu diperhatikan dengan mempertimbangkan sisi edukasi. Sekaligus secara bersamaan permainan harus merupakan kesenangan anak.

Anak dapat belajar untuk bermain game bahasa seperti pada Duolingo. Game multilingual ini menyediakan fasilitas belajar 30 bahasa asing untuk anak dengan tampilan grafis yang menarik.

Dapat pula mengeksplorasi pengetahuan umum serta kemampuan dasarnya. Misal lewat game seperti Pinkfong Numbers Zoo yang melatih anak mengenal obyek dan berhitung. Atau Petting Zoo yang mengenalkan dunia hewan pada anak.

Permainan yang melatih hal yang menjadi hobi anak seperti pada Baby’s Musical Hands yang mengajar musik atau Cooking Mama yang mengenalkan dunia masak, juga bisa menjadi pilihan.

Sementara itu, anak yang menjelang usia remaja umumnya sudah lebih tertarik pada game yang sifatnya petualangan. Bahkan sebagian sudah mulai mencoba game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA). Meski demikian, game untuk remaja tidak harus selalu berisi bunuh-bunuhan dengan musuh.

Baca juga:  Tetap Sehat di Era New Normal

Sejumlah game petualangan seperti No Man’s Sky yang memberi petualangan antariksa, atau Abzu yang memberi petualangan bawah laut, dapat menjadi alternatif.

Game-game yang disebutkan terkahir memang akan lebih mungkin dimainkan via PC atau perangkat game.

Meski demikian, ragam game petualangan versi mobile juga banyak tersedia dan tak kalah menarik. **RS

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.