Jangan Banyak Alasan: Ayo Mulai Olahraga di Rumah!

0
36

Apa kesulitan orang untuk mulai berolahraga di rumah? Kebanyakan ternyata berkutat pada niat dan konsistensi semata. Alasan-alasan seperti kurangnya waktu, tidak adanya alat, atau tidak mengerti program latihan yang pas, bukan lagi hal yang menjadi masalah. Segudang informasi bisa dengan mudah diakses, demikian pula tidak semua latihan memerlukan waktu yang lama.

Memang, olahraga di rumah akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan mengikuti program latihan di fasilitas gym atau ikut kelas-kelas latihan seperti yoga, zumba, pilates dan lainnya. Kita perlu membuat rencana yang lebih teratur dan sinambung. Apalagi belakangan ini, selama masa physical distancing karena Covid-19, kita menghabiskan hampir seluruh waktu di rumah.

Yang penting untuk dipahami adalah tujuan kita berolahraga. Akan lebih baik jika kita memaknainya sebagai sebuah kebiasaan harian yang sehat. Selazim kita tidur, makan, atau membersihkan badan, hal yang tentu tidak mungkin kita lewatkan.

Olahraga bukanlah sekedar program sekali waktu sekedar demi mengurangi berat atau membentuk badan lebih indah, meski itu adalah hasil yang mungkin dicapai.

Dengan memahami itu kita dapat menentukan program latihan yang pas. Tetapkanlah waktu olahraga yang sama setiap harinya, dengan membuat rencana latihan yang berbeda.

Kita dapat memilih latihan kardio misalnya, yang berfokus pada kegiatan yang menggerakkan badan dan menaikkan detak jantung yang membuat kita mengatur stamina. Atau latihan beban yang berfokus pada membentuk otot dan menambah kekuatan. Atau latihan kelenturan yang lebih pada melatih fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

Tidak jarang satu program latihan bisa mengkombinasikan ketiganya. Senam aerobik misalnya, selain sebagai program kardio juga baik dalam melatih fleksibilitas. Demikian pula latihan boxing yang bisa dipakai untuk melatih otot sekaligus meningkatkan stamina. Bahkan satu gerakan sederhana semisal push-up bisa difungsikan untuk ketiganya dengan sejumlah variasi.

Baca juga:  Melihat Sisi Lain Waktu Luang di The Other 8 Hours

Agar tidak bosan, kita bisa merancang latihan dengan fokus yang berbeda setiap harinya. Misal tiga kali seminggu latihan beban untuk membentuk otot, sisanya diisi dengan kardio dan latihan kelenturan.

Ini memang membutuhkan kreativitas agar kita bisa menemukan formula variasi yang pas untuk tubuh kita. Patut diingat kita harus menyediakan waktu selang sekitar dua hari, sebelum melatih otot tubuh yang sama.

Jadi apa lagi yang harus ditunggu? Mulailah untuk menyusun jadwal olahraga yang dimulai hari ini. Olahraga yang tepat, dikombinasikan dengan makan yang bernutrisi dan istirahat yang cukup, adalah modal besar untuk membangun imunitas tubuh. Juga baik mencegah stres dan meningkatkan semangat beraktivitas. **RS

Foto: Pixabay