Press "Enter" to skip to content

Lawan Bosan, Kamu Bisa Lakukan Ini Saat Physical Distancing

Sudah lebih dua minggu masa physical distancing diberlakukan di Indonesia. Bagi yang terbiasa bekerja dan beraktivitas di luar rumah, ini mungkin terasa menyiksa. Bagaimana tidak, rumah atau kamar yang biasanya hanya dipakai beristirahat, kini harus didiami seharian penuh. Hidup nyaris berkutat sepenuhnya di ruang gerak terbatas. Bosan, sudah pasti. Stres juga bisa mengikuti.

Tapi, masa ini harus tetap dilewati dengan produktif. Selain kerja harus tetap fokus, badan juga harus tetap sehat. Masa pandemi ini mungkin akan terus kita alami paling tidak sampai beberapa bulan ke depan. Agar tetap produktif dan sehat, mungkin kamu bisa melakukan beberapa hal berikut.

Variasi ruang kerja di rumah
Mengganti suasana tempat kerja di rumah bisa memberikan nuansa yang segar. Kamu bisa menata meja atau ruang kerja di rumah bervariasi setiap waktu. Misal saat cuaca cerah dan sejuk, kita bekerja di ruang yang lebih terbuka. Atau bisa juga berganti ruang setelah beberapa hari menggunakan ruang yang sama.

Olahraga dan permainan fisik
Kurangnya perpindahan fisik, sering membuat kurang bersemangat. Cobalah di sela-sela kesibukan kerja dan kegiatan keseharian, kamu menyempatkan diri berolahraga. Keluar sejenak di sekitar rumah, atau berolahraga di ruangan, adalah hal penting untuk menjaga kesehatan.

Di masa sekarang tidak sulit untuk mencari beragam bentuk kegiatan fisik. Video tutorial youtube, misalnya, punya banyak progam latihan fisik tanpa harus memakai alat. Demikian pula ada banyak permainan dalam ruangan yang mendorong kita bergerak lebih banyak.

Belajar hal baru
Waktu sekian minggu bisa dimanfaatkan untuk belajar hal baru, semisal keterampilan bahasa, memasak, design, fotografi atau banyak ketrampilan lain. Ini tersaji di berbagai platform kursus online. Pilihlah keahlian yang kamu suka serta paling mungkin untuk langsung dipraktikkan.

Platform pembelajaran online juga menyediakan ruang yang memungkinkan kita belajar dan mendiskusikan topik tertentu. Lewat aplikasi seperti Zoom, Lark atau Google Meet kamu juga bisa membentuk kelas belajar atau diskusi online sendiri. Akan jauh lebih seru jika bisa mengundang teman dengan minat diskusi sama, untuk belajar bareng-bareng.

Menyapa teman lama
Kesibukan kerja dan jarak yang terpisah jauh barangkali membuat kita tak lagi sempat berjumpa dengan teman lama. Lewat platform pertemuan online, kamu kini bisa membuat reuni kecil-kecilan.

Beragam aktivitas semisal sekedar ngobrol, berdiskusi, menggalang program bantuan atau nanti buka puasa bersama, mungkin bisa jadi menu pertemuan. Reuni dan nostalgia tentu bisa memberi semangat dan kesegaran baru agar kita tetap produktif.

Berkebun
Sejumlah tanaman sayur dan bunga tidak membutuhkan tempat tumbuh yang terlalu luas. Berkebun dapat menjadi alternatif yang baik untuk menyalurkan stres dan membuat kamu lebih tenang. Berkebun juga melatih disiplin dan keteraturan kita. Apalagi kalau hasilnya nanti bisa dinikmati. Kamu bisa memesan secara online bibit tanaman lalu mempelajari teknik pembiakannya. **RS

Foto: Pixabay