“Ndak ada keluar kota atau ke luar negeri Pak, ketemuan besar juga ndak. Pas antar jemput anak juga tidak kontak dengan orang lain,” ungkap Nunki Herwanti saat diwawancara lewat video call oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dalam video yang diunggah pada Sabtu (11/4) itu, Nunki menceritakan pengalaman saat mengetahui dirinya positif terinfeksi Covid-19. Ia adalah seorang ibu yang tengah mengandung anak ketiganya. Usia kehamilannya telah mencapai empat bulan.

“Senin hampir sebulan lalu (16/3), saya bangun pagi dan batuk pilek,” Nunki bercerita. Ternyata sampai lima hari setelahnya, ia merasakan demam. Nunki pun tidak mau mengambil risiko, langsung memeriksakan diri ke RSUP Kariadi, Semarang. Hasil tes menyatakan ia positif terinfeksi Covid-19. Sedangkan suami dan dua anaknya negatif.

Ganjar Pranowo mengapresiasi Nunki yang langsung mengisolasi diri. Karena telah mengetahui informasi terkait Covid-19 dari suaminya yang seorang tenaga kesehatan, Nunki bersikap waspada. Sejak awal merasakan batuk dan pilek, ia membatasi kontak, bahkan dengan suami dan dua anaknya, yang berumur 7 dan 10 tahun.

“Untungnya anak-anak sudah mengerti, bahaya Corona, jadi bisa maklum saat tidak bisa lagi menyentuh saya,” ungkapnya bersyukur.

Sampai saat ini, Nunki tidak bisa menyimpulkan darimana ia tertular virus Corona. Satu-satunya interaksi yang terbilang mungkin adalah penggunaan uang tunai, terutama saat berbelanja sayur dari penjual sayur keliling di kompleks rumahnya.

Kemungkinan penularan seperti ini memang pernah jadi laporan WHO, sehingga lembaga kesehatan dunia ini menganjurkan transaksi non-tunai selama masa pandemi. Saran terbaik sejauh ini jika kita terpaksa mennggunakan uang tunai, adalah segera mencuci tangan sehabis memegang uang, sebelum kita menyentuh wajah dan melakukan aktivitas lain.

Baca juga:  Lathi Pecahkan Rekor di Spotify

Tapi Nunki tidak lagi mempermasalahkan mengapa ia harus tertular Covid-19. “Biar itu jadi pelajaran saja buat saya dan masyarakat agar lebih waspada,” ungkapnya.

Dukungan dari keluarga dan rekan-rekannya sudah cukup untuk menguatkan. Demikian pula harapan agar ia bisa segera sehat demi kesehatan bayi yang dikandungnya. Nunki kini dengan sabar dan tetap semangat menjalani masa isolasi. Kondisinya pun sudah semakin membaik. **RS

Sumber: Channel Youtube Ganjar Pranowo

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.