Press "Enter" to skip to content

Apa Saja Kabar Baik terkait Pandemi Covid-19?

Perdana menteri Australia, Scott Morrison mulai bisa bernafas lega. Tingkat penambahan kasus baru Covid-19 di negerinya kian menurun. Hari Minggu lalu (29/3) terjadi penurunan jumlah kasus hingga 13 persen dari minggu sebelumnya.

Meski masih ada kemungkinan kenaikan, terutama di wilayah New South Wales dan Victoria, namun Morrison meyakini penurunan ini karena disiplin warganya dalam membatasi interaksi fisik serta memelihara sanitasi.

Cerita Australia, mirip dengan yang terjadi di sejumlah negara seperti Singapura, Taiwan, Korea Selatan dan Jepang yang juga menerapkan disiplin tinggi dalam pembatasan interaksi fisik serta higenitas personal tiap warganya. Hal yang tentu mungkin juga diterapkan termasuk untuk wilayah kita di Indonesia. Asalkan kita dapat disiplin mengikuti kedua hal tersebut.

Kasus Covid-19 di Indonesia memang masih ada dalam tren naik. Meski demikian, kita juga mencatat kasus yang sudah sepenuhnya sembuh. Per hari ini, Senin (30/3) sudah tercatat 64 orang yang sembuh dari Covid-19. Testimoni mereka yang sembuh juga menekankan pentingnya menjaga imunitas tubuh disamping anjuran physical distancing serta higenitas personal tadi.

Christina, warga Surabaya, yang dinyatakan sembuh pada minggu lalu mengiyakan hal tersebut. Dalam wawancaranya dengan Kompas (29/3), ibu dua anak ini menceritakan bagaimana tim medis yang merawatnya amat mendukung upaya penyembuhan.

loading…


“Dokter selalu mengingatkan bahwa sistem imun saya yang membentengi diri saya sendiri. Itu kata dokter pada saya. Tidak pernah sama sekali dokter dan perawat bilang hal negatif atau menyinggung tentang virus. Itu yang membuat saya tidak terlalu khawatir,” ungkap Christina.

Hal serupa juga ditekankan oleh Yana Mulyana. Wakil Walikota Bandung ini dinyatakan sembuh pada Jumat lalu (27/3). Yana yang sempat menjalani perawatan selama sepekan mengatakan memang perjuangan melawan Covid-19 tidak mudah. Namun, saat semua prosedur kesehatan diikuti dengan disiplin, kesembuhan bukanlah hal yang terlalu sukar untuk dicapai.

Baca juga:  Masalah Seputar Kepulangan Pekerja Migran Indonesia

Yana berharap masyarakat patuh untuk diam di rumahnya masing-masing agar penyebaran corona tak meluas. “Tetap diam di rumah, jaga kesehatan, jaga kebersihan terutama tangan kita. Insya Allah kita bisa melewati pandemi ini dengan selamat. Dan yang penting lagi jangan sampai stres karena stres bisa menurunkan imunitas tubuh,” pungkasnya.

Kabar baik seperti ini tentu membuat kita semakin yakin dan tidak perlu khawatir berlebihan. Sepanjang kita sama-sama disiplin membatasi interaksi fisik, menjaga kebersihan pribadi serta meningkatkan sistem imun tubuh, kita bisa optimis pandemi ini bisa segera berakhir.

Ilustrasi:pixabay

loading…


Bagikan