Lima Hal Berguna Yang Dapat Kamu Lakukan Dengan Akun Sosmed Kamu

Lima Hal Berguna Yang Dapat Kamu Lakukan Dengan Akun Sosmed Kamu

909
0
30 Flares Twitter 0 Facebook 30 Google+ 0 Pin It Share 0 Email -- Email to a friend 30 Flares ×

Sekarang ini sosial media (sosmed) sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam aktivitas kita sehari-hari. Saat berangkat ke sekolah/kampus/kantor, di waktu istirahat, ataupun di malam hari, kita terbiasa untuk mengecek media sosial kita dan memperbaharui status akun sosmed kita tentang apapun yang menarik perhatian kita. Kita juga tidak bosan memperhatikan akun sosial media teman kita dan memberikan suka’, jempol, ataupun komentar. Bersosial media sudah menjadi gaya hidup kaum muda di masa sekarang sehingga tidak bersosmed terkadang dianggap tidak mengikuti zaman.

Sosial media memang merupakan media yang cukup jitu untuk menyampaikan gagasan, pemikiran, dan aktivitas kita. Sosial media dapat menghubungkan kita dengan teman-teman kita tanpa dibatasi perbedaan tempat, waktu, dan jarak. Dengan bersosial media, kita dapat berinteraksi dengan teman kita yang jauh di kota bahkan negara lain. Kita juga dapat mengenal banyak orang tanpa harus datang bertatap muka. Gagasan dan pemikiran kita juga dapat diketahui oleh banyak orang tanpa harus menyampaikannya secara langsung.

Sayangnya, kita dapat juga menggunakan sosial media untuk hal negatif. Ada saja orang yang menyalahgunakan sosial media untuk menyampaikan kebencian, hujatan, dan permusuhan. Beberapa yang lain menggunakan sosial media untuk menipu dan mengganggu orang lain, serta menyampaikan informasi yang belum tentu benar (sering disebut HOAX). Ada juga yang memakai sosial media untuk menyebarkan materi-materi kekerasan, merusak moral, dan lainnya. Sosial media yang seharusnya menjadi sarana positif bagi masyarakat justru dijadikan alat untuk menyampaikan hal-hal yang meresahkan masyarakat.

Berikut ini saya akan menyampaikan lima hal berguna yang dapat kita lakukan dengan akun sosmed kita. Mari menggunakan akun sosmed kita dengan cerdas sehingga memberi manfaat bagi diri kita dan orang lain yang membacanya.

1. Berbagi semangat positif

Setiap orang, siapapun itu, setiap hari pasti mengalami masalah dan tantangan di sekolah, kantor, ataupun tempat aktivitasnya yang lain. Sosial media biasanya menjadi tempat kita melampiaskan kesal, marah, lelah, dan lainnya. Kita dapat meringankan beban teman-teman sosial media kita dengan membagikan semangat positif yang kita rasakan setiap hari. Tentu kita juga mengalami masalah dan tantangan. Berbagi semangat dengan orang lain juga akan memberi dorongan positif bagi kita sendiri. Dan tidak ada salahnya memberikan pundak dan tangan kita untuk teman-teman kita yang membutuhkan semangat dan dorongan karena suatu saat mungkin kita yang membutuhkan pundak dan tangan mereka.

2. Tunjukkan solidaritas

Kita tetap dapat menunjukkan solidaritas kita walau tidak berada di lokasi suatu permasalahan atau tempat musibah. Saat terjadi kabut asap di Kalimantan dan Sumatra ataupun konflik di Tolikara dan Aceh Singkil, kita yang berada di pulau lain dapat memberikan pesan solidaritas kepada teman-teman kita di sana. Tanpa harus berkumpul di satu lokasi, kita juga dapat beramai-ramai mendesak pemerintah untuk bertindak cepat. Bantuan yang kita berikan untuk korban musibah banjir, kabut asap, dan lainnya dapat dikumpulkan dengan segera karena sosmed membantu kita menyebarkan informasi pengumpulan bantuan.

3. Sampaikan informasi bermanfaat

Kita dapat menggunakan akun sosmed kita untuk menyampaikan informasi bermanfaat yang mungkin tidak semua orang tahu dan peka. Kita dapat memberitahukan aplikasi android yang berguna, cara memasak ayam saos tiram ala chef …… (isi nama kamu sendiri), teknik mendaur ulang sampah, ataupun kiat memulai usaha. Sosmed juga dapat kita pakai untuk menyampaikan informasi terbaru tentang peraturan dan regulasi yang berlaku di masyarakat, ataupun berbagai manfaat lainnya yang mungkin tidak diketahui masyarakat banyak.

4. Bertemu teman satu ide dan minat

Cerdas bersosmed akan mendorong kita untuk cerdas bermasyarakat. Sosial media dapat mempertemukan kita dengan teman-teman dari Sabang sampai Merauke. Bisa saja kita dipertemukan dengan teman-teman yang memiliki kesamaan ide atau minat. Kita mungkin tidak memiliki banyak kenalan di sekitar kita yang memiliki kesamaan ide atau minat. Dengan mencari di sosial media, kita bisa menemukan mereka bahkan membuat grup khusus sebagai wadah komunikasi bersama.

5. Suarakan kebenaran

Ya katakan ya, tidak katakan tidak. Dengan sosial media kita dapat bersuara tentang anti korupsi, jangan membuat dan membuang sampah sembarangan, pilkada jujur, dan lain sebagainya. Kita juga dapat menyuarakan tentang ketidakadilan, kesewenangan, intoleransi, dan lain sebagainya yang terjadi di sekitar kita. Biarkan orang lain tahu pemikiran kita. Bila teman-teman sosial media kita merasa apa yang kita suarakan tepat, mereka juga akan ikut bersuara dan mendukung kebenaran yang kita perjuangkan. Maka apa yang kita suarakan dapat menjadi trending topic dan kemungkinan besar akan didengar oleh pihak-pihak yang terkait.

Bersosmed seharusnya membuat kita semakin dekat dengan masyarakat, bukan sebaliknya. Oleh karena itu kita harus cerdas bersosmed sehingga kita juga cerdas bermasyarakat. Dengan cerdas bersosmed, kita dapat menggunakan sosial media untuk berbagi kebaikan dengan orang lain.

SHARE
Previous articleMenyuarakan Kabar Baik Di Tengah Maraknya Kabar Buruk
Next articleMedsos Bagi Dunia Hukum
Sahat Martin Philip SInurat
Penulis lahir pada tanggal 1 Maret 1989 di Pekanbaru. Lulus dari jurusan Teknik Geodesi ITB dan saat ini melayani di Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia sambil berwirausaha. Motto hidupnya, “Kapal itu aman di pelabuhan, tapi bukan untuk itu tujuan kapal diciptakan.”