Bangkit Dengan Teknologi

Bangkit Dengan Teknologi

698
0
9 Flares Twitter 0 Facebook 9 Google+ 0 Pin It Share 0 Email -- Filament.io 9 Flares ×

Teknologi merupakan bukti bahwa manusia dapat melawan keterbatasan yang mereka miliki melalui pikiran yang dikaruniakan Tuhan kepada mereka. Teknologi membantu manusia untuk mempermudah segala kegiatan manusia.

Teknologi juga yang mengantarkan pemuda di zaman pergerakan untuk memerdekakan Indonesia. Ya, Indonesia merdeka karena adanya perkembangan teknologi pada zaman pergerakan yang membantu pemuda untuk melawan penjajah dengan penyebaran informasi.

Menilik pada saat sekarang ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat terutama setelah ditemukannya komputer dan internet. Dengan teknologi tersebut penyampaian informasi bisa sangat mudah. Sangat mudahnya penyebaran informasi maka semakin mudah manusia pada masa sekarang ini untuk mendapatkan pengetahuan. Selain penyebaran informasi teknologi lainnya pun membantu manusia untuk mempermudah kegiatan mereka seperti mobil untuk transportasi, kamera untuk mengabadikan momen dan banyak lagi.

Masyarakat, terutama pemuda, di Indonesia pada masa sekarang ini tidak sebaik masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dalam penggunaan teknologi. Mereka dengan keterbatasan teknologi dan penggunaan teknologi pada masa itu dapat melakukan pergerakkan dan lebih kreatif dan ekspresif dalam menggunakan teknologi. Sedangkan kita pada masa sekarang ini ketika kita dapat menggunakan teknologi dengan bebas malah terkungkung dan seperti tidak dapat bergerak. Kita tidak memerlukan tekanan seperti pada masa penjajahan, kita hanya perlu menggunakan persepsi yang dilakukan oleh para pemuda pada masa itu.

Pada masa itu mereka berusaha untuk membebaskan Indonesia dari belenggu para penjajah dan pada masa sekarang ini yang harus kita lakukan adalah membebaskan diri kita dari keegoisan dan mulai berpikir untuk membangun Indonesia.

Mulailah menggunakan teknologi untuk sesuatu hal yang berguna. Ketika pada masa mereka mereka hanya bisa menggunakan tenologi hanya untuk menulis surat kabar dengan akses terbatas, mulailah menulis dengan akses yang tak terbatas untuk membangun negara ini.

Ketika mereka menulis dengan mesin tik untuk membuat tulisan yang membuat penjajah terbuka hatinya, sudah saatnya kita sekarang membuat mata hati masyarakat dengan menulis dengan komputer bukan malah memberitahukan kegundahan pribadi kita kepada masyarakat. Kita harus semakin peduli dengan penggunaan teknologi.

Ketika mereka hanya bisa menggunakan teknologi karena fokus mereka adalah untuk memerdekakan Indonesia, sekarang kita harus bisa mengembangkan teknologi dan menciptakan teknologi. Para pendahulu kita mewariskan kemerdekaan kepada kita, sekarang kita harus mewariskan sesuatu dengan mengembangkan teknologi dan membuat teknologi ini berguna bagi masyarakat. Teknologi membuat informasi mudah diakses sekarang ini dan untuk mengembangkan teknologi kita dapat melakukannya sekarang.

Jangan jadi generasi gundah gulana karena kita diputus pacar. Jangan jadi generasi yang cuma ingin eksis di depan kamera hanya untuk masuk televisi dengan cara berdemo. Jangan jadi generasi yang destruktif dengan membuat opini yang menjatuhkan seseorang hanya untuk mencari keuntungan pribadi. Ingat sama halnya dengan kemerdekaan, semua yang kita lakukan adalah aset bagi masyarakat di masa mendatang, minimal keluarga kita sendiri.

Teknologi harus digunakan sebaik mungkin. Bangkitkan Indonesia dengan karyamu melalui karya yang berkembang pada saat ini, entah itu menulis, membuat video, membuat film, atau hal lainnya yang dapat berguna bagi orang banyak. Ingat mereka mewariskan kita kemerdekaan dengan keterbatasan, sekarang kita mewariskan kemerdekaan yang lebih merdeka lagi dengan segala kebebasan yang kita miliki. Maukah kamu bangkit?

SHARE
Previous articleKarena Perbedaan Itu Unik
Next articleIndonesia Butuh Kita Semua Bangkit
Tougoss Sasky Baiano Samosir
Tougoss Sasky Baiano Samosir lahir di Jakarta, 16 Februari 1992. Saat ini sedang menyelesaikan studi di Institut Teknologi Bandung, jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika. Hobby membaca buku, menggambar, main game.